Kamis, 13 Januari 2011

New Life Style



Dalam hidup ini secara sadar maupun tidak kita telah melakukan banyak hal. Mulai dari hal yang kita anggap sepele seperti makan, minum, dan tidur. Sampai pada hal penting seperti sekolah dan bekerja. Bahkan melakukan hal-hal yang baru.





Setiap orang pastilah memiliki minat yang berbeda. "Tak ada manusia yang sama." Walau kembar identik sekalipun minat pastilah berbeda. Hal ini dikarenakan motivasi yang berbeda pula.
Dorongan dasar yang menggerakkan individu bertingkah laku ini sangatlah dominan dalam menentukan ke arah mana seorang anak Adam akan bertindak.



Selain motivasi intrinsik (motivasi yang berasal dari dalam diri individu) juga terdapat motivasi ekstrinsik (motivasi yang berasal dari luar diri individu). Motivasi ekstrinsik ini dapat berupa pengaruh orang lain seperti orang yang di idolakan sehingga bisa menjadi sumber motivasi. Karena adanya kecenderungan identifikasi atau keinginan menjadi sama dengan seseorang yang diidolakannya itu.


Sang idola secara tidak langsung memberikan sugesti positif maupun negatif terhadap fans atau penggemarnya. Sehingga akan terjadi proses imitasi (meniru). Mulai dari gaya hidup, mode pakaian, sikap, dan perilaku. Karena itu, kita perlu menyaring apa yang baik bagi kita dan apa yang tidak.

Kalau kita dapat melaksanakan prinsip di atas, kita akan lebih kreatif, inovatif, dan produktif dalam menjalani hidup ini. Namun sebaliknya jika kita tidak menyaring apa yang masuk ke otak dan hati kita, bukannya manfaat yang didapat melainkan kehancuran yang akan menghampiri. Dan kalau sudah begini rusaklah diri dan masa depan kita


Kita semua dibekali Allah AWT berupa akal pikiran agar kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Dan juga akal itulah yang membedakan kita dari mahluk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar